KURIKULUM

alir3
Kurikulum kelas VI semester II
6.1 Memahami ketentuan baligh (1) 1. memahami ketentuan baligh
2. membiasakan ketentuan baligh 1. siswa dapat menjelaskan pengertian baligh
2. siswa dapat menjelaskan ciri-ciri baligh
3. siswa dapat menjelaskan kewajiban bagi orang yang telah baligh
4. siswa dapat menjelaskan pengertian sunanul fitrah
5. siswa dapat menyebutkan macam-macam sunanul fitrah
6. siswa membiasakan sunanul fitrah
Memahami ketentuan halal dan haram 1. memahami ketentuan halal dan haram
2. membiasakan ketentuan halal dan haram 1. siswa dapat menjelaskan pengertian halal
2. siswa dapat memahami makna disyariatkannya halal dan haram
3. siswa dapat memberikan contoh makanan dan minuman yang halal
4. siswa dapat memberikan contoh makanan dan minuman yang haram
5. siswa dapat menggali informasi seputar makanan yang halal dan haram
6. siswa dapat memecahkan masalah seputar halal dan haram
7. siswa membiasakan mengkonsumsi makanan yang halal
Memahami ketentuan maisir, khamr dan narkoba 1. memahami ketentuan maisir, khamr dan narkoba
2. membiasakan menjauhi maisir, khamr dan narkoba 1. siswa dapat memahami makna yang tersirat dari diharamkannya maisir
2. siswa dapat menjelaskan pengertian maisir
3. siswa dapat menjelaskan pengertian khamr
4. siswa dapat menjelaskan pengertian narkoba
5. siswa dapat menyebutkan hukum maisir
6. siswa dapat menyebutkan hukum khamr dan narkoba
7. siswa dapat menjelaskan bahaya maisir
8. siswa dapat menjelaskan bahaya khamr dan narkoba
9. siswa dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan maisir, khamr dan narkoba
10. siswa dapat menggali informasi yang berkaitan dengan maisir, khamr dan narkoba
11. siswa menjauhi maisir, khamr dan narkoba
Memahami adab pergaulan (2) 1. memahami adab pergaulan
2. membiasakan adab pergaulan 1. siswa dapat memahami makna yang tersirat dari QS. An-Nur ayat 30
2. siswa dapat menjelaskan pengertian ghoddul bashor
3. siswa dapat menyebutkan hukum berpacaran
4. siswa dapat menjelaskan bahaya berpacaran
5. siswa dapat menjelaskan pengertian pergaulan bebas
6. siswa dapat menjelaskan bahaya pergaulan bebas
7. siswa dapat menjelaskan pengertian pornografi dan pornoaksi
8. siswa dapat menyebutkan contoh pornografi dan pornoaksi
9. siswa dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan pergaulan bebas
10. siswa dapat menggali informasi tentang bahaya pergaulan bebas
11. siswa membiasakan pergaulan yang islami

KELAS / SEMESTER STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR
VI / I
  1. Mengamalkan akhlaq optimis dan menjauhi akhlaq pesimis

 

 

 

 

 

 

 

1.Memahami dan mengamalkan sikap optimis

2.Memahami dan menjauhi sikap pesimis

3.Hafal hadits tentang optimis

 

  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian optimis
  2. Siswa dapat memahami makna yang tersirat dari hadits tentang sikap optimis
  3. Siswa hafal hadits tentang sikap optimis
  4. Siswa dapat menjelaskan keutamaan optimis
  5. Siswa dapat memberikan contoh sikap optimis
  6. Siswa dapat membiasakan sikap optimis
  7. Siswa dapat menjelaskan pengertian pesimis
  8. Siswa dapat dampak
  9. Siswa dapat memberikan contoh sikap pesimis
  10. Siswa dapat memecahkan masalah dalam kiat membangun rasa optimis
  11. Siswa dapat membandingkan antara sikap optimis dan pesimis
 
  1. Mengamalkan akhlaq  tawakal

 

1.Memahami dan mengamalkan akhlaq tawakal

2.Hafal hadits tentang tawakal

 

1.    Siswa dapat menjelaskan pengertian tawakal

2.    Siswa dapat memahami makna yang tersirat dari hadits …..

3.    Siswa hafal hadits tawakal

4.    Siswa dapat menjelaskan keutamaan akhlaq tawakal

5.    Siswa dapat memberikan contoh perilaku tawakal

6.    Siswa dapat mensimulasikan akhlaq tawakal

7.    Siswa dapat memecahkan masalah seputar akhlaq tawakal

8.    Siswa dapat mengambil manfaat dari fenomena kehidupan seorang petani

9.    Siswa dapat membiasakan akhlaq tawakal

 
  1. Mengamalkan adab terhadap keluarga

 

1.Memahami keutamaan memuliakan keluarga

2.Memahami dan mengamalkan adab terhadap keluarga

3.Hafal hadits tentang memuliakan keluarga

 

1.    Siswa dapat memahami makna yang tersirat dari hadits …..

2.    Siswa hafal hadits tentang silaturrakhim

3.    Siswa dapat menjelaskan pengertian silaturakhim

4.    Siswa dapat menjelaskan keutamaan silaturakhim

5.    Siswa dapat memberikan contoh perilaku silaturakhim

6.    Siswa dapat menyebutkan bahaya memutuskan silaturakhim

7.    Siswa dapat menjelaskan keutamaan memuliakan keluarga

8.    Siswa dapat menyebutkan adab terhadap orang tua

9.    Siswa dapat menyebutkan adab terhadap saudara

10. Siswa dapat menggali informasi seputar adab memuliakan keluarga

11. Siswa dapat membiasakan adab terhadap keluarga

 
  1. Mengamalkan adab pergaulan

 

1.Memahami dan mengamalkan adab pergaulan

2.Hafal hadits tentang adab pergaulan.

 

1.    Siswa dapat memahami makna yang tersirat dari hadits …..

2.    Siswa hafal hadits tentang memuliakan tamu

3.    Siswa dapat menjelaskan keutamaan memuliakan tamu

4.    Siswa dapat menjelaskan keutamaan memuliakan tamu

5.    Siswa dapat menjelaskan adab bertamu

6.    Siswa dapat mensimulasikan adab bertamu

7.    Siswa dapat menjelaskan adab memuliakan tamu

8.    Siswa dapat mensimulasikan adab memuliakan tamu

9.    Siswa dapat menyebutkan hak-hak tetangga

10. Siswa dapat menjelaskan adab bertetangga

11. Siswa membiasakan adab bertetangga

  1.    Mengamalkan akhlaq istiqomah

 

1.Memahami dan mengamalkan akhlaq istiqomah

2.Hafal hadits tentang istiqomah

1.    Siswa dapat menjelaskan pengertian istiqomah

2.    Siswa dapat memahami makna yang tersirat dari hadits …..

3.    Siswa hafal hadits tentang istiqomah

4.    Siswa dapat menjelaskan keutamaan istiqomah

5.    Siswa dapat memberikan contoh perilaku istiqomah

6.    Siswa dapat menemukan kiat untuk membangun sikap  istiqomah

7.    Siswa dapat menggali informasi tentang perilaku istiqomah

8.    Siswa dapat mengambil manfaat dari kisah ashabul kahfi

9.    Siswa dapat meneladani kisah ashabul kahfi

10. Siswa dapat membiasakan istiqomah

 

Tinggalkan komentar