Metode Menghafal Alquran

Alquran kalamullah firman Tuhan penguasa langit dan bumi, pedoman bagi manusia mengarungi hidup di dunia menuju kepada kehidupan yang kekal abadi ( akhirat )

Rasulullah saw bersabda : ” barangsiapa yang menjadikan Alquran di depannya maka Alquran membawanya menuju surga, dan barang siapa yang menjadikan Alquran di belakangnya maka Alquran menuntunnya ke dalam neraka”

Sungguh suatu kebahagiaan dan kesuksesan yang tidak ternilai dengan kekayaan dunia bahkan sepuluh kali lipat dunia dan seisinya

Al quran mukjizat terbesar nabi Muhammad saw yang menyempurnakan wahyu-wahyu terdahulu. sangat banyak keistimewaan, diantaranya banyak kaum muslimin yang mampu menghafalnya, berbeda dengan wahyu-wahyu yang diturunkan kepada para rasul terdahulu, misalnya ; kitab Taurat yang mampu menghafal hanyalah nabi Musa dan Harun dan Yusa alaihimussalaam, kitab Injil hanyalah nabi Isa as yang mampu menghafal.

Allah swt menjamin akan memudahkan hamba-Nya yang benar-benar mau mmpelajari dan menghafal Alquran, sebagaimana firman-Nya :ولقد يسرناالقرآن

للذكر فهل من مذكر artinya ” dan kami benar-benar akan memudahkan Alquran untuk diingat, adakah yang mengingat?”

maka salah satu metode yang ditemukan dan telah dipraktekkan adalah dengan cara mendengar secara kontinyu / berkesinambungan. tentunya metode tersebut akan sukses jika disertai beberapa langkah-langkah berikut ini :

1. Niat yang ikhlas karena Allah swt

adanya niat yang disertai ketenangan hati. Allah swt Dzat yang Maha mengetahui hati hamba-hamba-Nya. ketika Allah swt mengetai apa yang berada di dalam hati seorang mukmin, maka Allah swt akan menjadikan amalnya benar dan dimudahkan

2. Memilih qori’ ( pembaca) yang disukai dari bacaanya sehingga mudah untuk diikuti.

maka diantara pengaruh memilih qori yang memiliki suarayang indah adalah memuaskan instink untuk mencintai suara yang indah ( yang berada dalam qalbu manusia).

orang yang sering mendengar dan menikmati indahnya bacaan pada waktu yang tepat menjadikanya mudah menyerap bacaan seorang qori’ dan suaranya sehingga ia akan bersenandung dengan Alquran.

3. Memilih surat yang termudah untuk dihafal

metode berikut ini disesuaikan dengan kemampuan memori seseorang untuk menghafal, karena memori itu bagaikan otot, maka jika otot tidak siap untuk melakukan latihan, maka akan mudah kisut atau lisut dan pengaruh lainya.

4. Mengkhususkan waktu yang tepat setiap hari untuk mendengar surat yang dipilih.

Setiap mukmin yang mempunyai keinginan kuat untuk menghafal alquran hendaknya mengkhususkan minimal 5 menit setiap harinya untuk mendengar Alquran, maka proses ini tidak akan menguras banyak tenaga, bahkan sekedar 2 pekan / 14 hari, maka hasilnya hafal satu surat dengan sempurna insya Allah. hafal Alquran adalah hasil yang paling diridhoi, dan yang paling tertinggi dari yang dicari seorang muslim dibalik semua amal yang mulia ini.

5. Keinginan yang keras ( azzam) dan isitiqomah tanpa terputus.

cara ini adalah poin yang paling penting, karena jiwa pada umumnya mempunyai azam yang kuat dan berkurang secara perlahan, maka jika sehari saja bermalas-malasan, maka akibatnya akan mengabaikan dan meninggalkan hafalan Alquran terlempar dipojok yang jauh.

Allah swt akan menempatkan orang yang mempunyai azam yang kuat berada di sisi-Nya إن الذين جاهدوا فينا لنهدينهم سبلنا وإن الله لمع المحسنين (العنكبوت

Maka kami berpesan kepada mereka yang hafal nyanyian untuk beralih dengan menghafal Alquran yang berguna bagi dunia dan akhiratnya, maka yang sulit akan mudah jika disertai niat dan azam yang kuat atas izin Allah swt. selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s