Jilbab adalah kasih sayang الله

Di sela-sela waktu istirahat , seorang murid perempuan menghampiri seorang ustadz yang sedang mengawasi para murid beristirahat.

Assalamu ‘alaikum wr wb, sapanya, wa’alaikumussalam wr  wb ustadz itu menjawab.

Ust… begitu sebagian murid menyapa ustadznya, walaupun sapaan itu tidak tepat karena tidak memiliki arti.

Maaf ust. Saya penasaran sekali, mengapa setiap muslimah harus memakai jilbab? Bagus sekali pertanyaannya jawab sang ustadz. Namun ustadz tersebut tidak langsung menjawab dan berbalik bertanya. Nak! Bagaimana pendapatmu, mengapa seorang muslimah (perempuan yang beragama Islam) wajib memakai jilbab?

Kok ustadz balik bertanya?! Seru murid itu.

Menurutku :” jilbab berfungsi membedakan antara perempuan dan laki-laki”. Jawaban yang polos dan lugu. Ustadz tersebut mencoba menggali pengetahuan murid dengan pertanyaan terbalik, jadi kalau perempuan yang tidak pakai jilbab itu laki-laki?

Gimana yach, bingung jadinya…abis sekarang banyak yang mengaku seorang muslimah tapi tidak memakai jilbab?! Jawabnya.

Begini nak, 1. Pakaian itu salah satu tanda keagungan Allah swt. Bukankah Allah swt berfirman: “

Hai anak Adam , sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup ‘auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat”(QS.7:26)

Apa maksudnya ust…murid itu penasaran. Maksudnya : “Allah swt menganugerahkan banyak pilihan pakaian yang didesain oleh ahli dengan berbagai model yang sangat menarik, gaul dan ngetren, ada yang sesuai ajaran Islam (menutup aurat) ada juga yang belum selesai sudah dipakai (tidak menutup aurat), manakah yang boleh kita pakai?

Murid itu semakin penasaran. Ust. Bagaimana sih pakaian yang islami itu? Barangkali banyak yang tidak tahu.

Ciri pakaian yang Islami di antaranya:

  1. Menutup aurat. Aurat seorang perempuan seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.
  2. Pakaian tidak ketat.
  3. Pakaian tidak terbuat dari bahan yang transparan, kalau demikian sama dengan berpakaian tapi tidak berbusana (kaasiyatun ‘aariyat)

2. jilbab itu aturan Allah swt atas para muslimah, Allah swt berfirman :”Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Qs.33:59)

Aturan yang wajib dilaksanakan sebagimana kewajiban-kewajiban yang lainya. Wajib artinya  apabila dilakukan akan mendatangkan pahala dan banyak kebaikan dan apabila ditinggalkan atau dilanggar berarti maksiat dan tidak menerima aturan Allah swt yang telah menciptakanya dengan meninggalkan perintah Allah swt berarti maksiat kepada-NYA dan akan menutupi hatinya dari datangnya hidayah.

3. jilbab adalah kasih sayang Allah swt atas hamba-NYA. Dengan jilbab Allah swt memuliakan kaum wanita. Disebabkan tidak mengerti jilbab sebagian kasih sayang Allah, maka banyak perempuan yang tidak memakai jilbab dan tidak bersyukur atas karunia-NYA.

Oooh…! Berarti perempuan yang belum berjilbab tidak memahaminya sebagai bagian dari karunia Allah swt yang akan menyelamatkan dari adzab-NYA di akhirat?! Na’udzubillah mindzalik.

Labbaik! Dengan jilbab seorang muslimah akan terlihat anggun, cantik, berwibawa. Jilbab juga meminimalisir kemaksiatan mata para laki-laki dari melihat hal-hal yang dilarang.

Berbahagialah muslimah yang berjilbab atas hidayah Allah untuk mengenakan jilbab, semoga mereka menjadi ratu-ratu bidadari di dalam surga amin.والله أعلم بالصواب

Syukron ustadz, ‘afwan! Ilaliqo’ …fi amanillah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s