Kunci keberhasilan mendidik anak

Rasulullah Muhammad saw bersabda ” setiap maulud dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci untuk mentauhidkan Allah swt), maka kedua orangtuannya yang menjadikan mereka yahudi, nasrani atau majusi”

Hendaknya setiap orang tua memahami isi dan makna yang terkandung di dalam hadits tersebut serta tujuan yang harus dicapai oleh para pendidik untuk mengharapkan kesuksesan buah hatinya.

Anak yang lahir bagaikan kain putih yang bersih dari noda, umpama kertas yang baru belum ada coretan-coretan yang merusak keindahan dan bau kertas, maka pendidik hendaklah mempunyai bekal untuk mengarahkan mereka sehingga tidak salah asuh yang berakibat kepada kegagalan masa depan mereka

Mendidik adalah perintah Allah swt, aktifitas  yang sangat mulia yang akan merubah kondisi sebelumnya. berikut beberapa cara mendidik buah hati :

1. Doa

Do’a bagaikan senjata yang utama dan pertama. orang tua / para pendidik seharusnya selalu mendoakan anak didiknya sesuai dengan keinginannya. Maka berdoalah dengan penuh keyakinan, bahwa Dzat Allah swt akan mengabulkan permohonan kita setelah ikhtiar dan kerja keras tidak terhenti.

2. Kasih sayang

Allah swt Dzat Maha pengasih dan penyayang, semua makhluq-Nya merindukan dan mencintainya karena kasih dan sayang-Nya. Maka para pendidik dan orang tua hendaknya menampilkan dan memiliki kasih sayang agar anak-anaknya kelak menjadi pengasih dan penyayang baik kepada dirinya dan orang lain.

3. Keteladanan

Anak-anak adalah peniru sejati, cermin yang berbicara. aktifitas atau kegiatan apapun yang mereka lihat secara instan mereka akan menirukan dan melakukannya secara terus menerus sehingga menjadi kebiasaan dan karakter yang melekat pada dirinya.

sebagai contoh : orang tua yang rajin membaca Alqur’an maka akan menghasilkan generasi cinta Alquran dsb. Wallahu a’lam bisshowabboybook

Tentang abuiza

mudarrisal-irsyad01
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s