PELAJARAN TARIKH

KURIKULUM

Kelas/ semester STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR
V / I 1. Mengambil hikmah dari Peristiwa hijrah ke Madinah 1. Memahami makna hijrah dan keadaan kaum muslimin saat hijrah ke Madinah2. Meneladani sikap Nabi Muhammad SAW kaum muslimin saat hijrah ke Madinah dan setelah sampai di sana 1.    Siswa dapat menjelaskan pengertian hijrah2.    Siswa dapat menceritakan keadaan kaum muslimin  pada saat hijrah ke Madinah

3.    Siswa dapat menjelaskan sebab kaum muslimin hijrah ke Madinah

4.    Siswa dapat menceritakan kepahlawanan Ali bin Abi Thalib pada saat hijrah

5.    Siswa dapat menjelaskan kesetiaan eluarga Abu Bakar pada saat Nabi Muhammad SAW hijrah

6.    Siswa dapat menceritakan sikap masyarakat madinah dalam menyambut kedatangan kaum Muhajirin

7.    Siswa dapat menyebutkan masjid pertama yang dibangun Rasulullah

8.    Siswa dapat memahami makna yang tersirat dari peristiwa hijrah ke Madinah

2. Mengambil hikmah dari kisah Yahudi Madinah 1. Memahami  makna Yahudi dan Munafiq2. Memahami perjanjian yang terjadi antara  Yahudi dan kaum muslimin 1.    Siswa dapat menceritakan kondisi kota Madinah pada saat Nabi hijrah2.    Siswa dapat menjelaskan pengertian Yahudi

3.    Siswa dapat menyebutkan isi perjanjian Nabi Muhammad SAW dengan kaum Yahudi Madinah

4.    Siswa dapat menjelaskan sikap kaum Yahudi terhadap kaum muslimin

5.    Siswa dapat menjelaskan pengertian munafiq

6.    Siswa dapat menceritakan sikap kaum munafik terhadap kaum muslimina jihad

7.    Siswa dapat mengambil kesimpulan dari sikap kaum Yahudi dan kaum munafiq terhadap kaum muslimin

3. Mengambil hikmah dari peperangan dalam Islam Memahami perang Badar, Uhud dan Khondaq 1.    Siswa dapat menjelaskan alasan disyariatkannya peperangan2.    Siswa dapat menceritakan perang Badar

3.    Siswa dapat memahami makna yang tersirat dari kemenangan kaum muslimin di perang Badar

4.    Siswa dapat mensimulasikan perang Badar

5.    Siswa dapat menceritakan perang Uhud

6.    Siswa dapat memahami makna yang tersirat dari kekalahan kaum muslimin di perang Uhud

7.    Siswa dapat menyebutkan nama sahabat yang mengusulkan pembuatan khandaq

8.    Siswa dapat menceritakan perang khandaq

9.    Siswa dapat memahami makna yang tersirat dari kemenangan kaum muslimin pada perang khandaq

4. Mengambil hikmah perjanjian Hudaibiyyah 1. Memahami makna perjanjian Hudaibiyyah2. Meneladani sikap Nabi Muhammad Saw dan kaum muslimin sebelum  dan setelah perjanjian Hudaibiyyah berlangsung. 1.    Siswa dapat menjelaskan Baiat Ridhwan2.    Siswa dapat menjelaskan alasan kaum muslimin ke kota Makkah

3.    Siswa dapat menjelaskan pengertian perjanjian Hudaibiyyah

4.    Siswa dapat menjelaskan isi perjanjian Hudaibiyyah

5.    Siswa dapat menceritakan sikap Nabi Muhammad pada saat perjanjian Hudaibiyyah

6.    Siswa dapat menceritakan sikap kaum muslimin pada saat perjanjian Hudaibiyyah

7.    Siswa dapat memahami makna yang tersirat dari perjanjian Hudaibiyyah

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s